Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif pada Anak Usia 5-6 Tahun dengan Media Audio Visual di TK Mawar Indah
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v2i2.20320Abstract
Kemampuan peningkatan bahasa ekspresif merupakan salah satu dari bidang pengembangan kemampuan dasar yang penting dalam pendidikan taman kanak-kanak. Kemampuan dasar yang dikembangkan salah satunya adalah mengungkapkan bahasa secara verbal dan non verbal. Sosialisasi kemampuan bahasa ekspresif pada anak di ikuti oleh 20 anak dikelompok B TK Mawar Indah. Tujuan kegiatan ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan bahasa ekspresif anak dengan menggunakan media audio visual. Hasil dari kegiatan sosialisasi kemampuan bahasa ekspresif anak adalah perkembangan anak dalam aspek mengungkapkan keinginan, perasaan, dan pendapat dengan kalimat sederhana dalam mengkomunikasikan dengan anak atau orang dewasa, menunjukkan perilaku senang membaca buku terhadap buku-buku yang dikenal, mengungkapkan keinginan, perasaan, ide dengan pilihan kata-kata yang sesuai ketika berkomunikasi, menceritakan kembali isi cerita secara sederhana yakni 40% dengan krtiteria Berkembang Sangat Baik (BSB), 45% dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 15% dengan krtiteria Mulai Berkembang (MB). Sosialisasi kemampuan bahasa ekspresif dengan melalui audio visual dilakukan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa anak usia 5-6 tahun.Downloads
Published
2021-03-31
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).