Aktivitas Outbound terhadap Peningkatan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v3i1.20319Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui apakah kemampuan sosial anak usia dini mengalami peningkatan melalui aktifitas outbound. Penelitian ini menggunakan (Library Research) atau Kajian Literatur yang hasil penelitian diperoleh dari beberapa penelitian terdahulu. Data penelitian ini menggunakan data sekunder, teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisa data model Miles and Huberman, adapun teknik penggumpulan data tersebut yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian Kajian Literatur ini dari beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa aktifitas outbound dapat meningkatkan dan mempengaruhi kemampuan sosial anak usia dini. Peneliti menyimpulkan dari penelitian terdahulu dalam melakukan aktifitas outbound ditetapkan aturan dan cara bermain agar tercapainya tujuan outbound yang diselenggarakan dengan baik, melalui aktifitas outbound anak-anak mampu berkomunikasi dengan baik, simpati, empati, mampu bergaul dan mampu memahami perasaan teman sebaya nya. Agar meningkatnya kemampuan sosial anak usia dini melalui aktifitas outbound dilakukan susunan kegiatan atau rancangan kegiatan dalam melakukan aktifitas outbound seperti kegiatan pembuka, kegiatan inti, kegiatan penutup, dan evaluasi.Downloads
Published
2021-09-30
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).