Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Animasi terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa

Authors

  • Ingka Tonge1 Universitas Negeri Gorontalo
  • Meyko Panigoro Universitas Negeri Gorontalo
  • Agil Bahsoan Universitas Negeri Gorontalo
  • Melizubaida Mahmud Universitas Negeri Gorontalo
  • Sudirman Sudirman Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.20036

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran animasi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP negeri 1 telaga kabupaten gorontalo. Penelitian ini menggunakan metode penelitiann kuantitatif. Data yang  digunakan adalah data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Telaga dan nilai hasil belajar mata pelajaran IPS Terpadu. Jumlah penarikan sampel dalami penelitian ini sebesar 66 responden. Teknis analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai regresi dan hasil uji hipotesis  terdapat pengaru positif pada penggunaan media pembelajaran animasi terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa siswa pada mata pelajaran IPS terpadu kelas VIII di SMP negeri 1 telaga kabupaten gorontalo.

Downloads

Published

2023-10-18