Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Kemampuan Membilang pada Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.19445Abstract
Anak yang mendapatkan stimulasi kognitif yang baik akan mendapatkan kemudahan dalam mengikuti pendidikan selanjutnya. Anak membutuhkan pengalaman dan pengamatan tentang waktu dan ruang serta hubungan keduanya melalui objek dan kejadian-kejadian yang ada. Permasalahan yang ditemukan di lembaga PAUD adalah pembelajaran yang kurang bervariasi salah satunya dalam menstimulasi kemampuan membilang benda 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Pembelajaran akan lebih efektif apabila dilakukan dengan model pembelajaran yang tepat dan menyenangkan dengan karakteristik anak usia dini yaitu belajar melalui benda konkret. Salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen pre- Experimental Desaign. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah The One Group Pretest-Posttest. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan membilang benda 1-10 pada anak usia 4-5 tahun dengan selisih sebesar 2,00 dimana nilai rata-rata post-test lebih tinggi dibanding dari nilai rata-rata pre-test.Downloads
Published
2023-09-21
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ragita Puspitasari, Iys Nurhandayani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).