Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Kemampuan Membilang pada Anak Usia Dini

Authors

  • Ragita Puspitasari Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Iys Nurhandayani Universitas Ma’arif Nahdlatul Ulama Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.19445

Abstract

Anak yang mendapatkan stimulasi kognitif yang baik akan mendapatkan kemudahan dalam mengikuti pendidikan selanjutnya. Anak membutuhkan pengalaman dan pengamatan tentang waktu dan ruang serta hubungan keduanya melalui objek dan kejadian-kejadian yang ada. Permasalahan yang ditemukan di lembaga PAUD adalah pembelajaran yang kurang bervariasi salah satunya dalam menstimulasi kemampuan membilang benda 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. Pembelajaran akan lebih efektif apabila dilakukan dengan model pembelajaran yang tepat dan menyenangkan dengan karakteristik anak usia dini yaitu belajar melalui benda konkret. Salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe make a match. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen pre- Experimental Desaign. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah The One Group Pretest-Posttest. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap kemampuan membilang benda 1-10 pada anak usia 4-5 tahun dengan selisih sebesar 2,00 dimana nilai rata-rata post-test lebih tinggi dibanding dari nilai rata-rata pre-test.

Downloads

Published

2023-09-21