Analisis Kesalahan Kata Baku dan Tidak Baku Teks Deskriptif Siswa Kelas IV
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.19370Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan kata baku dan tidak baku pada teks deskriptif karya siswa dan upaya guru dalam mengurangi bentuk kesalahan penggunaan kata baku dan tidak baku pada teks deskriptif siswa kelas IV SD Negeri Widorokandang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik catat. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dari analisis karangan teks deskriptif siswa, terlihat kesalahan umum penggunaan kata baku dan tidak baku. (1) Kesalahan dalam penulisan kata baku ejaan yang tidak sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), (2) Kesalahan penghilangan huruf vokal akibat kekurangtelitian dan kecepatan saat menulis, (3) Kesalahan penulisan kata baku ragam tulisan yang seharusnya tidak digunakan, yaitu kata tidak baku. Hasil wawancara dengan guru wali kelas IV mengungkapkan upaya guru untuk mengurangi kesalahan penggunaan kata baku dan tidak baku, termasuk dorongan agar siswa terus melatih penggunaan kata baku dalam tulisan, motivasi untuk mengaplikasikan kata baku, serta diskusi, koreksi, dan perbaikan bersama dalam mengatasi kesalahan siswa.Downloads
Published
2023-09-28
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).