Analisis Kesalahan Kata Baku dan Tidak Baku Teks Deskriptif Siswa Kelas IV

Authors

  • Alna Anggi Setianingsih Universitas Muria Kudus
  • Khamdun Khamdun Universitas Muria Kudus
  • Much Arsyad Fardani Universitas Muria Kudus

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.19370

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan penggunaan kata baku dan tidak baku pada teks deskriptif karya siswa dan upaya guru dalam mengurangi bentuk kesalahan penggunaan kata baku dan tidak baku pada teks deskriptif siswa kelas IV SD Negeri Widorokandang. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan teknik catat. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dari analisis karangan teks deskriptif siswa, terlihat kesalahan umum penggunaan kata baku dan tidak baku. (1) Kesalahan dalam penulisan kata baku ejaan yang tidak sesuai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI), (2) Kesalahan penghilangan huruf vokal akibat kekurangtelitian dan kecepatan saat menulis, (3) Kesalahan penulisan kata baku ragam tulisan yang seharusnya tidak digunakan, yaitu kata tidak baku. Hasil wawancara dengan guru wali kelas IV mengungkapkan upaya guru untuk mengurangi kesalahan penggunaan kata baku dan tidak baku, termasuk dorongan agar siswa terus melatih penggunaan kata baku dalam tulisan, motivasi untuk mengaplikasikan kata baku, serta diskusi, koreksi, dan perbaikan bersama dalam mengatasi kesalahan siswa.

Downloads

Published

2023-09-28