Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Kemampuan Sains Mencampur Warna pada Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.19279Abstract
Penerapan sains untuk anak usia dini adalah menekankan pemberian pengalaman secara langsung. Anak usia dini dituntut untuk mampu melakukan eksperimen secara mandiri. Tahap pembelajaran sains anak usia dini pada penelitian ini adalah mencampur warna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan sains mencampur warna pada anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis pre-experimental design tipe one group pretest posstest yang bertujuan untuk mengetahui serta membandingkan antara sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen terhadap kemampuan sains anak usia 4-5 tahun dengan eksperimen mencampur warna memberikan pengaruh terhadap kemampuan sains anak.Downloads
Published
2023-09-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ratih Juwita Sari, Risdianto Hermawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).