Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Kemampuan Sains Mencampur Warna pada Anak Usia 4-5 Tahun

Authors

  • Ratih Juwita Sari Universitas Ma’arif Nahdatul Ulama Kebumen
  • Risdianto Hermawan Universitas Ma’arif Nahdatul Ulama Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.19279

Abstract

Penerapan sains untuk anak usia dini adalah menekankan pemberian pengalaman secara langsung. Anak usia dini dituntut untuk mampu melakukan eksperimen secara mandiri. Tahap pembelajaran sains anak usia dini pada penelitian ini adalah mencampur warna. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode eksperimen terhadap kemampuan sains mencampur warna pada anak usia 4-5 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis pre-experimental design tipe one group pretest posstest yang bertujuan untuk mengetahui serta membandingkan antara sebelum diberikan perlakuan dan sesudah diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode eksperimen terhadap kemampuan sains anak usia 4-5 tahun dengan eksperimen mencampur warna memberikan pengaruh terhadap kemampuan sains anak.

Downloads

Published

2023-09-30