Implementasi Media Puzzle Huruf untuk Mengembangkan Kemampuan Bahasa pada Anak Usia 4-5 Tahun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.19278Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di TK Muslimat NU 23 Tarbiyatul Masyithoh, Kelurahan Plarangan, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Kebumen. Penelitian ini penting karena dilatarbelakangi dengan penggunaan media pembelajaran berupa media puzzle huruf yang digunakan oleh guru untuk mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implemetasi media puzzle huruf untuk mengembangkan kemampuan bahasa pada anak usia 4-5 tahun di TK Muslimat NU 23 Tarbiyatul Masyithoh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah 30 anak. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yang melibatkan guru di TK Muslimat NU 23 Tarbiyatul Masyithoh. Data yang dikumpulkan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, data ini dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan implementasi dengan menggunakan puzzle huruf sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan tiga komponen dalam pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi.Downloads
Published
2023-09-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Sari Sukmaningsih, Risdianto Hermawan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).