Pola Asuh Otoriter dan Pengambilan Keputusan Jurusan Kuliah pada Siswa SMAN 2 Babelan
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.19089Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara Pola Asuh Otoriter dengan Pengambilan Keputusan pada siswa kelas 12 SMAN 2 Babelan. Subjek dalam penelitian ini merupakan siswa kelas 12 SMAN 2 Babelan. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling kuota dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 223 siswa kelas 12. Alat ukur yang digunakan dalampenelitian ini menggunakan skala Pengambilan Keputusan dan skala Pola Asuh Otoriter dengan menggunakan skala likert. Penelitian ini menggunakan uji korelasi Spearman’Rho dengan hasil arah korelasi yang negatif sebesar -0.413 dan hasil nilai signifikansi 0.00 (p < 0.050). Hasil penelitian ini dapat dikatakan bahwa ada hubungan antarapola asuh otoriter dengan pengambilan keputusan pada siswa kelas 12 dalam memilih jurusan kuliah.Downloads
Published
2023-09-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Muhammad Fariz Adnan, Andreas Corsini Widya, Budi Sarasati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).