Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik melalui Metode Loose Part pada Siswa Kelompok A

Authors

  • Elis Mayasari STKIP Situs Banten
  • Amat Hidayat Universitas Bina Bangsa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.18984

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir simbolik melalui metode Loose parts pada siswa kelompok A KB Istiqomah Teluknaga Tangerang. Batas waktu penyidikan adalah 5 hari. Subjek penelitian adalah 12 anak kelompok A yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 4 anak laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dua siklus untuk mencapai tujuan tersebut. Tingkat penguasaan bakat anak pada siklus I khusus 5 anak/12 anak sebesar 41,6% dan 7 anak mencapai 58,40%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas bertambah menjadi 9 siswa atau 75% dari 12 siswa, dan jumlah siswa yang gagal sebanyak 3 siswa atau 25% dari 12 siswa. Berdasarkan data di atas peneliti menyimpulkan bahwa metode Loose parts dapat mengembangkan kemampuan berpikir simbolik siswa Kelompok A Istiqomah KB Teluknaga Tangerang.

Downloads

Published

2023-09-16