Meningkatkan Kemampuan Berpikir Simbolik melalui Metode Loose Part pada Siswa Kelompok A
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.18984Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir simbolik melalui metode Loose parts pada siswa kelompok A KB Istiqomah Teluknaga Tangerang. Batas waktu penyidikan adalah 5 hari. Subjek penelitian adalah 12 anak kelompok A yang terdiri dari 8 anak perempuan dan 4 anak laki-laki. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu Siklus I dan Siklus II. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dua siklus untuk mencapai tujuan tersebut. Tingkat penguasaan bakat anak pada siklus I khusus 5 anak/12 anak sebesar 41,6% dan 7 anak mencapai 58,40%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas bertambah menjadi 9 siswa atau 75% dari 12 siswa, dan jumlah siswa yang gagal sebanyak 3 siswa atau 25% dari 12 siswa. Berdasarkan data di atas peneliti menyimpulkan bahwa metode Loose parts dapat mengembangkan kemampuan berpikir simbolik siswa Kelompok A Istiqomah KB Teluknaga Tangerang.Downloads
Published
2023-09-16
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).