Dampak Perilaku Anak terhadap Kegiatan Bermain Peran (Roleplay): Kajian Literatur Tentang Hubungan Antara Perilaku dan Aktivitas Bermain Peran pada Anak
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.18981Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji hubungan antara perilaku anak dan aktivitas bermain peran (roleplay) pada anak melalui studi kepustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis berbagai studi ilmiah dan literatur yang telah dilakukan sebelumnya, dengan fokus pada dampak positif dan negatif dari kegiatan bermain peran terhadap perkembangan perilaku anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku anak dan kegiatan bermain peran. Aktivitas bermain peran dapat berperan penting dalam meningkatkan kemampuan komunikasi, empati, pemecahan masalah, dan pengembangan kreativitas anak. Namun, penelitian juga mengungkapkan potensi pengaruh negatif, seperti perubahan sikap anak terhadap realitas dan norma sosial, serta konflik sosial yang mungkin timbul dalam permainan. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan pentingnya pengawasan dan panduan yang cermat dari orang tua, guru, dan pengasuh dalam memanfaatkan kegiatan bermain peran sebagai alat yang mendukung perkembangan positif perilaku anak sekaligus meminimalkan risiko dampak negatif yang mungkin muncul demi mencapai perkembangan anak yang seimbang secara sosial dan emosional.Downloads
Published
2023-09-16
Issue
Section
Articles
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).