Media Buku Cerita Bergambar mengembangkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 5-6 Tahun

Authors

  • Tri Astuti Universitas Ma”arif Nahdlatul Ulama Kebumen
  • Luthfi Aji Ramdhani Universitas Ma”arif Nahdlatul Ulama Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.18665

Abstract

Penggunaan media buku cerita bergambar merupakan salah satu pengalaman belajar pengenalan kata dan bahasa melalui visualisasi gambar. Buku cerita bergambar salah satu media yang mampu mengembangkan kemampuan membaca permulaan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media buku cerita bergambar terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun. Rancangan yang digunakan penelitian ini adalah metode Pre-Experimental Design jenis One-Group Pretest-Posttest Design bertujuan membandingkan keadaan sebelum dan sesudah perlakuan. Populasi penelitian anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat Tarbiyatul Masyithoh Plarangan berjumlah 30 anak. Metode yang dipilih adalah sample random sampling dimana himpunan bagian dari populasi statistic memiliki probalitas sama untuk dipilih. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi serta dokumentasi penggunaan media buku cerita bergambar. Analisis data menggunakan Paired Samples T-Test dengan signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan membaca permulaan dengan media buku cerita bergambar memberi pengaruh terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia 5-6 tahun di TK Muslimat Tarbiyatul Masyithoh Plarangan.

Downloads

Published

2023-09-23