Pengembangan Modul Ajar Kimia Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif

Authors

  • Andi Tenri Pada Agustang Universitas khairun
  • Fitriana Ibrahim Universitas khairun
  • Bakhtiar Bakhtiar Universitas Negeri Makasar
  • St. Hayatun Nur Abu Universitas khairun
  • Rezky Esa Putri Pra Ramadhani SMKN 5 Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.18137

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik generasi Z saat ini sebagai usaha mempersiapkan diri menghadapi persaingan global. Kreativitas peserta didik dapat ditingkatkan melalui pembelajaran yang tepat. Pembelajaran dapat terlaksana dengan baik ketika guru mampu merancang kegiatan pembelajaran dengan baik. Kendala yang dihadapi guru dalam mempersiapkan pembelajaran yaitu merancang modul ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul ajar berbasis projek pada materi kimia hijau yang mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Metode penelitian adalah metode RnD dengan mengadopsi model Thiagrajan atau lebih dikenal dengan model 4-D yang dilakukan melalui 4 tahap yaitu Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Penelitian ini dilakukan sampai tahap develop yaitu Uji validitas modul ajar. Hasil validasi menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan yang terdiri dari 2 modul ajar berada pada kategori valid, sehingga layak untuk dilakukan uji efektifitas dan disebarluaskan.

Downloads

Published

2023-12-08