PEMBELAJARAN DARING BAHASA INGGRIS PADA SISWA SMP: SEBUAH TANTANGAN PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v2i2.1793Keywords:
Pembelajaran daring, siswa, SMPAbstract
Pembelajaran pada masa pandemik perlu disikapi oleh para guru dan orang tua. Hal ini memerlukan adaptasi dan waktu, sehingga siswa dapat melaksanakan pembelajaran lebih baik. Pembelajaran bahasa Inggris yang perlu latihan dan pembiasaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pola pembelajaran daring bahasa Inggris, baik kendala maupun tantangan yang dihadapi guru serta para siswa untuk belajar dirumah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Pengambilan data dengan angket dan wawancara terstruktur dan non terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa para siswa, guru dan orang tua murid perlu berkolaborasi agar pembelajaran daring dapat berjalan dengan baik. Pola pembelajaran dikelas dan dirumah mengalami perubahan. Pada kemampuan menulis , siswa perlu dilatih dengan baik dan terus menerus agar pengembangan menulis siswa berkembang. Pada kemampuan membaca siswa sebaiknya mempunyai target. Pada kemampuan struktur siswa cenderung menghapal pola kalimat. Sedangkan pada pembelajaran kosa kata siswa lebih antusias agar dibarengi dengan gambar. Kata Kunci: Pembelajaran daring, siswa, SMPReferences
Fredricksen, D. E. (2004). A study of the on -line learning strategy predictors
of motivation, as well as the difference between in -class and on -line learning strategy and motivation scores, among students enrolled in undergraduate courses at dallas baptist university (Order No. 3121289). Available from ProQuest Dissertations & Theses Global: The Humanities and Social Sciences Collection. (305099492). Retrieved from https://e-resources.perpusnas.go.id:2131/dissertations-theses/study-on-line-learning-strategy-predictors/docview/305099492/se-2?accountid=25704
Juita, H. R., & Widiyarto, S. (2019, March). The Effectiveness of Cooperative
Learning Methods: A case study of writing learning at Junior High School. In Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018) (pp. 266-268). Atlantis Press.
Ratna, N.K. (2008). Teori, metode, dan teknik peneltian satra. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Susanti, S. (2019). Manfaat Teknologi Informasi dengan Belajar Bahasa
Inggris Lewat Video. SINDIMAS, 1(1), 86-90.
Megawati, F. (2016). Kesulitan mahasiswa dalam mencapai pembelajaran
bahasa Inggris secara efektif. PEDAGOGIA: Jurnal pendidikan, 5(2), 147-156.
Mulyadi, M., Nurani, S., & Frijuniarsi, N. (2020). The Assessment of
Students’ English Writing Skill at SMA Yaspen Tugu Ibu Depok. Scope: Journal of English Language Teaching, 5(1), 42-46.
Moleong, L. J (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif: Remaja Rosdakarya
Khusniyah, N. L., & Hakim, L. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis
Daring: Sebuah Bukti Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Tatsqif, 17(1), 19-33.
Simamora, R. M. (2020). The Challenges of Online Learning during the COVID-19
Pandemic: An Essay Analysis of Performing Arts Education Students. Studies in Learning and Teaching, 1(2), 86–103. https://doi.org/10.46627/silet.v1i2.38
Susanto, H., Pramudiningtyas, R., & Mukhrianto, M. (2014). Optimalisasi
Perancangan Video Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Web. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 14(2), 216-228.
Widiyarto, S., Wulansari, L., & Hasanusi, F. S. (2020). Pelatihan “English
communicative†guna mempersiapkan sdm berkualitas dan “competitiveâ€. Intervensi Komunitas, 1(2), 125-131.