Strategi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Teknik Radiografi yang Memiliki IPK Tertinggi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.17564Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran apa yang diterapkan oleh mahasiswa radiologi untuk mendapatkan IPK tertinggi pada mata kuliah teknik radiografi I di Universitas Awal Bros. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, populasi penelitian ini adalah mahasiswa radiologi semester 1 yang memiliki IPK tertinggi di Universitas Awal Bros. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukann bahwa strategi belajar yang diterapkan oleh mahasiswa radiologi yang memiliki IPK tertinggi adalah menggunakan strategi metakognitif. Strategi belajar metakognitif yaitu membaca catatan atau mengulas kembali materi yang telah disampaikan dosen untuk mengingat kembali materi dengan belajar diwaktu yang kosong dan merasa nyaman saat belajar dan jika ada yang kurang dipahami langsung bertanya kepada dosen. Hal ini menunjukan bahwa mahasiswa yang memiliki IPK tertinggi menggunakan strategi belajar metakognitif untuk mendapatkan nilai yang tinggi.Downloads
Published
2023-09-19
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Selda Fitri, R. Sri Ayu Indapuri, Shelly Angella
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).