Strategi Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Teknik Radiografi yang Memiliki IPK Tertinggi

Authors

  • Selda Fitri Universitas Awal Bros
  • R. Sri Ayu Indapuri Universitas Awal Bros
  • Shelly Angella Universitas Awal Bros

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.17564

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pembelajaran apa yang diterapkan oleh mahasiswa radiologi untuk mendapatkan IPK tertinggi pada mata kuliah teknik radiografi I di Universitas Awal Bros. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, populasi penelitian ini adalah mahasiswa radiologi semester 1 yang memiliki IPK tertinggi di Universitas Awal Bros. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukann bahwa strategi belajar yang diterapkan oleh mahasiswa radiologi yang memiliki IPK tertinggi adalah menggunakan strategi metakognitif. Strategi belajar metakognitif yaitu membaca catatan atau mengulas kembali materi yang telah disampaikan dosen untuk mengingat kembali materi dengan belajar diwaktu yang kosong dan merasa nyaman saat belajar dan jika ada yang kurang dipahami langsung bertanya kepada dosen. Hal ini menunjukan bahwa mahasiswa yang memiliki IPK tertinggi menggunakan strategi belajar metakognitif untuk mendapatkan nilai yang tinggi.

Downloads

Published

2023-09-19