The Correlation Between Students’ Self-Esteem and Their Speaking Skill

Authors

  • Irum Elda Putri State Islamic Institute of Bukittinggi
  • Hilma Pami Putri State Islamic Institute of Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.17498

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasi. peneliti ingin menemukan hubungan antara penghargaan diri siswa dengan keterampilan berbicara mereka kelas XI SMA Excellent Nurul Ikhlas.Penelitian ini dilakukan karena penghargaan diri siswa merupakan suatu faktor yang signifikan yang mendukung keterampilan berbicara siswa. Siswa yang kurang percaya diri, maka mereka akan cenderung untuk menghindari kesempatan untuk berbicara. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Excellent Nurul Ikhlas tahun ajaran 2020/2021 yang mana terdiri dari 4 kelas. Penelitian ini menggunakan teknik total sampel. Instrumen dari penelitian ini adalah sebuah kuesioner untuk mengukur penghargaan diri siswa dan tes berbicara (menceritakan sebuah cerita tentang singa yang lapar dan rusa yang bodoh) untuk mengukur keterampilan berbicara siswa. Peneliti menemukan bahwa koefisien hubungan antara penghargaan diri siswa dengan keterampilan berbicara mereka adalah 0,257.Jadi, terdapat hubungan positif antara penghargaan diri siswa dengan keterampilan berbicara mereka kelas XI SMA Excellent Nurul Ikhlas.

Downloads

Published

2023-09-30