Meningkatkan Aktivitas dan Keterampilan Sosial Siswa Menggunakan Model BERSAMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.17385Abstract
Permasalahan pada penelitian adalah rendahnya aktivitas dan keterampilan sosial. Disebabkan pembelajaran bersifat konvensional, tidak bervariasi, berpusat pada guru dan siswa sulit memahami materi. Solusinya adalah dengan menerapkan model Bersama pada pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas siswa, keterampilan sosial siswa menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilasanakan empat kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Telaga Biru 8 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 26 orang. Analisis data dengan teknik deskriptif analisis, disajikan dalam tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan aktivitas siswa pertemuan I belum mencapai kriteria baik, pertemuan II hampir mencapai kriteria baik, dan pertemuan III mencapai kriteria baik, pertemuan IV mencapai kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pertemuan I mencapai persentase 46% meningkat pada pertemuan II dengan mencapai 62% yang meningkat pada III mencapai persentase 81% serta mengalami peningkatan aktivitas yang sangat aktif pada pertemuan IV mencapai persentase 100%.Downloads
Published
2023-09-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Marfuah Marfuah, Ahmad Suriansyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).