Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi melalui Media Karikatur Siswa

Authors

  • I Nyoman Artana Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.17373

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah media karikatur dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi dan begitu juga apakah dengan media pembelajaran karikatur ini dapat meningkatkan respon siswa dalam mengikuti proses pembelakjaran khususnya siswa kelas XA SMA Negeri 1 Petang Badung. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode analisis hasil belajar siswa melalui beberapa tahapan yang pertama tahap prasiklus, tahap ini proses pembelajarnya masih bersifat konvensional. Tahap selanjutnya yaitu siklus 1, proses pembelajaran dilakukan pada siklus 1 dengan penerapan media pembelajaran dan apabila proses pembelajaran belum mencapai hasil yang diharapkan maka dilanjutkan ke siklus berikutnya, selanjutnya hasil belajar siswa di analisis dengan menggunakan metode analisis Kualitatif dan kuantitatif dengan mencari nilai rata-rata. Dari hasil analisis data tersebut didapatkan bahwa dengan penerapan media karikatur hasil belajar siswa dari siklus 1 dan siklus II secara signipikan meningkat, maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media karikatur dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-09-27