Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi melalui Media Karikatur Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.17373Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah media karikatur dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf argumentasi dan begitu juga apakah dengan media pembelajaran karikatur ini dapat meningkatkan respon siswa dalam mengikuti proses pembelakjaran khususnya siswa kelas XA SMA Negeri 1 Petang Badung. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian tindakan kelas dengan menggunakan metode analisis hasil belajar siswa melalui beberapa tahapan yang pertama tahap prasiklus, tahap ini proses pembelajarnya masih bersifat konvensional. Tahap selanjutnya yaitu siklus 1, proses pembelajaran dilakukan pada siklus 1 dengan penerapan media pembelajaran dan apabila proses pembelajaran belum mencapai hasil yang diharapkan maka dilanjutkan ke siklus berikutnya, selanjutnya hasil belajar siswa di analisis dengan menggunakan metode analisis Kualitatif dan kuantitatif dengan mencari nilai rata-rata. Dari hasil analisis data tersebut didapatkan bahwa dengan penerapan media karikatur hasil belajar siswa dari siklus 1 dan siklus II secara signipikan meningkat, maka dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan media karikatur dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Downloads
Published
2023-09-27
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 I Nyoman Artana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).