Analisis Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas XI MIPA

Authors

  • Nelda Rahma Lisa Putri Universitas Negeri Padang
  • Armiati Yerizon Universitas Negeri Padang
  • Yerizon Yerizon Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.17268

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan keterampilan penting dalam mempelajari matematika, memungkinkan peserta didik untuk mengungkapkan ide matematika melalui berbagai representasi. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan representasi matematis siswa kelas XI MIPA di SMAN 1 Tigo Nagari. Pendekatan deskriptif kualitatif digunakan dengan mengumpulkan data melalui tes kemampuan representasi matematis dan wawancara. Studi literatur juga dilakukan mengenai kemampuan representasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan representasi matematis siswa dalam menyelesaikan masalah matematika berada pada tingkat sedang, dengan beberapa area yang perlu ditingkatkan. Saran meliputi perancangan kegiatan pembelajaran atau media pendidikan untuk membantu siswa mengaplikasikan kemampuan representasi matematis dalam kehidupan nyata. Penelitian selanjutnya dapat mengeksplorasi jenjang yang lebih tinggi dan mengembangkan instrumen penilaian untuk topik matematika lain seperti geometri dan matriks.

Downloads

Published

2023-09-08