Pengembangan E-Modul Berbasis Microsoft Sway untuk Melatih Literasi Sains Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.17247Abstract
Minimnya sumber bahan ajar berbasis literasi sains yang berdampak pada rendahnya pemahaman literasi sains siswa di Indonesia menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini mengembangkan materi edukasi berupa e-modul berbasis Microsoft Sway untuk melatih literasi sains siswa SMP kelas VIII dengan topik sistem pernapasan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektifan dari e-modul yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode 4D, yang meliputi tahap define, design, dan development seperti yang dikembangkan oleh Thiagarajan. E-Modul yang dikembangkan divalidasi oleh empat validator ahli. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validitas bahan ajar adalah 78,30% dalam kategori valid, kepaktisan sebesar 68,99% dalam kategori praktis, dan keefektifan sebesar 0,60 dalam kategori cukup. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa bahan ajar e-modul yang dikembangkan berbasis Microsoft Sway valid, praktis, dan cukup efektif. Oleh karena itu, penelitian ini memiliki signifikansi yang penting dalam pengembangan pembelajaran IPA, khususnya dalam hal inovasi pemanfaatan teknologi dengan menggunakan Microsoft Sway sebagai platform untuk e-modul.Downloads
Published
2023-09-06
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Ade Risquina Atdhini, Rizky Febriyani Putri, Ratna Yulinda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).