PENERAPAN MODEL DISCOVERI LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VI PADA MATERI BILANGAN BULAT NEGATIF DI SDN BOLAWOLONG
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v2i2.1722Keywords:
Hasil Belajar, model discovery learning, Bilangan Bulat negatif.Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada Mata Pelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model discovery learning untuk dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VI SDN Bolowolon. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Bolowolon. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung selama dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi danrefleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes soal evaluasi siswa yang terdiri dari 6 soal pilihan ganda dan 4 uraian untuk mengetahui hasil belajar siswa serta didukung dengan observasi. Pelaksanaan tindakan membuahkan hasil, berupa peningkatan hasil belajar bangun datar pada siswa kelas VI SDN Bolowolon dengan jumlah 22 siswa. Pada siklus I siswa yang tuntas sesuai KKM sebanyak 10 siswa atau 45% dan yang belum tuntas 12 siswa atau 55% dengan rata-rata kelas 69,64; pada siklus II yang tuntas sebanyak 22 siswa atau 100% dan rata-rata kelasnya 90. Dengan melihat hasil kedua siklus di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bilangan bulat negatif.References
Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Arikunto, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara
Aqib. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: CV Yrama Widya
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Dwitagama, dkk. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks
Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pengembangan SD/ MI, SMP/ MTs, & SMA/MA. Yoyakarta: AR- RUZZ Media
Fathani, Abdul Halim. 2009. Matematika Hakikat dan Logika.Yogyakarta: Ar Ruaz Media.
Hakim, Lukmanul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.
Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning, Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Herdiansyah, H. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial.Jakarta: Salemba Humanika
Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers