PENERAPAN MODEL DISCOVERI LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS VI PADA MATERI BILANGAN BULAT NEGATIF DI SDN BOLAWOLONG

Authors

  • I Susana Sumarni SDN Bolowolon

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i2.1722

Keywords:

Hasil Belajar, model discovery learning, Bilangan Bulat negatif.

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa khususnya pada Mata Pelajaran Matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model discovery learning untuk dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas VI SDN Bolowolon. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VI SDN Bolowolon. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang berlangsung selama dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi danrefleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah Tes soal evaluasi siswa yang terdiri dari 6 soal pilihan ganda dan 4 uraian untuk mengetahui hasil belajar siswa serta didukung dengan observasi. Pelaksanaan tindakan membuahkan hasil, berupa peningkatan hasil belajar bangun datar pada siswa kelas VI SDN Bolowolon dengan jumlah 22 siswa. Pada siklus I siswa yang tuntas sesuai KKM sebanyak 10 siswa atau 45% dan yang belum tuntas 12 siswa atau 55% dengan rata-rata kelas 69,64; pada siklus II yang tuntas sebanyak 22 siswa atau 100% dan rata-rata kelasnya 90. Dengan melihat hasil kedua siklus di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi bilangan bulat negatif.

References

Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan: Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Arikunto, dkk. 2015. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Aqib. 2009. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung: CV Yrama Widya

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Dwitagama, dkk. 2009. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Indeks

Fadlillah, M. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Pengembangan SD/ MI, SMP/ MTs, & SMA/MA. Yoyakarta: AR- RUZZ Media

Fathani, Abdul Halim. 2009. Matematika Hakikat dan Logika.Yogyakarta: Ar Ruaz Media.

Hakim, Lukmanul. 2009. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Huda, Miftahul. 2013. Cooperative Learning, Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Herdiansyah, H. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial.Jakarta: Salemba Humanika

Kunandar. 2015. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers

Downloads

Published

2021-05-30