Implementasi Model PANDAI untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Nani Zulvia Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.16911

Abstract

Pembelajaran yang bersifat satu arah, mengakibatkan siswa kurang berminat untuk mendalami materi, takut mengemukakan pendapat, dan merasa bosan karena kurangnya partisipasi dalam pembelajaran, yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Adapun upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yaitu menggunakan model PANDAI. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sungai Miai 1, tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa mencapai kriteria "Cukup Tinggi" pada pertemuan pertama dan meningkat menjadi "Sangat Tinggi" pada pertemuan keempat.  Kemudian ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 58% dan memperoleh 100% pada pertemuan IV. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model PANDAI dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2023-09-05