Implementasi Model PANDAI untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.16911Abstract
Pembelajaran yang bersifat satu arah, mengakibatkan siswa kurang berminat untuk mendalami materi, takut mengemukakan pendapat, dan merasa bosan karena kurangnya partisipasi dalam pembelajaran, yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Adapun upaya untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yaitu menggunakan model PANDAI. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Sungai Miai 1, tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi siswa mencapai kriteria "Cukup Tinggi" pada pertemuan pertama dan meningkat menjadi "Sangat Tinggi" pada pertemuan keempat. Kemudian ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan I memperoleh 58% dan memperoleh 100% pada pertemuan IV. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model PANDAI dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.Downloads
Published
2023-09-05
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Nani Zulvia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).