Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Kemampuan Belajar Anak

Authors

  • Mona Lestari Universitas PGRI Palembang
  • Evia Darmawani Universitas PGRI Palembang
  • Melinda Puspita Sari Jaya Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.16743

Abstract

Model pembelajaran menggunakan media Talking Stick dapat diterapkan pada anak untuk meningkatkan kemampuan belajarnya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran dengan media Talking Stick terhadap kemampuan belajar anak. Peneliti melaksanakan penelitian di TK Permata Bunda dengan jumlah populasi sebanyak 44 orang dan sampel yang digunakan adalah kelompok B1 berjumlah 15 anak. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain one-group pretest-posttest dan uji hipotesis menggunakan uji-t. Hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung > ttabel atau 13,26 > 1,746 maka Ho ditolak dan Ha diterima, maka hipotesis yang menyatakan ada pengaruh model pembelajaran dengan media Talking Stick terhadap kemampuan belajar anak usia 5 tahun di TK Permata Bunda diterima Kebenarannya.

Downloads

Published

2023-12-30