Perhatian Orang Tua terhadap Pendidikan Anak Usia Dini di Desa Ulak Kedondong
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i2.16649Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perhatian orang tua terhadap pendidikan anak-anak yang tidak bersekolah di PAUD dan untuk mengetahui apakah ada faktor penyebab anak-anak tidak mengenyam pendidikan di PAUD. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian ini dilakukan di Desa Ulak Kedondong dengan objek penelitian orang tua anak yang tidak menyekolahkan anaknya di PAUD desa. Sumber data primer diperoleh dari wawancara dengan orang tua anak dan data sekunder diperoleh dari kepala PAUD An Nuur. Observasi, wawancara dan dokumentasi adalah metode yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa penyebab anak yang tidak sekolah di PAUD desa ialah karna faktor pendidikan orang tua yang minim, faktor ekonomi keluarga, orang tua yang kurang informasi tentang pentingnya PAUD bagi anak usia dini dan kurangnya sosialisasi keberadaan PAUD di desa tersebut.Downloads
Published
2023-12-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Kiran Kirani Alqirani, Evia Darmawani, Melinda Puspita Sari Jaya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).