Efektivitas Model Pembelajaran Make a Match Berbantuan Media Kartu Gambar

Authors

  • Asri Wahyuni Universitas PGRI Palembang
  • Sukardi Sukardi Universitas PGRI Palembang
  • Eni Heldayani Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.16600

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran Make A Match berbantuan kartu gambar terhadap kompetensi pengetahuan peserta didik terhadap pembelajaran IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan Tes berupa  soal Pretest dan Postest, metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif, Pengolahan data ini menggunakan SPSS-25.Hasil penelitian ini menggunakan uji  Independent Sample T-Test  yang memperoleh nilai signifikan 0,00 maka nilai sig 0,00<0,05 berarti tolak Ho dan terima Ha diketahu  yaitu 5,2690,361 dan dilanjutkan menggunakan uji N-Gain guna menggetahui keefektifan model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu gambar terhadap meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA kelas V dikelas   diperoleh N-Gain sebesar 72.17 berdasarkan interprestasinya model pembelajaran Make A Match berbantuan media kartu gambar ini berkategori efektif dalam meningkatkan kompetensi pengetahuan peserta didik mata pelajaran IPA kelas V

Downloads

Published

2023-09-30