PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X TITL SMKN 1 MAUMERE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v2i2.1658Keywords:
Model Discovery Learning, Hasil belajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar dasar listrik dan elektronika kelas X TITL SMK Negeri 1 Maumere tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK), rancangan dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus yang terdiri dari perencanan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 Maumere yang berjumlah 31 orang. Berdasarkan data yang diperoleh pada PTK siklus I siswa yang tuntas 18 siswa secara klasikal (71,43%) dalam kategori cukup. Pada siklus II yang tuntas 23 orang siswa (85,71%) secara klasikal dalam kategori baik. Perubahan dari siklus I ke siklus II mencapai peningkatan 14,28% secara klasikal. Berdasarkan analisis dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar dasar listrik dan elektronika pada siswa kelas X TITL SMK Negeri 1 MaumereReferences
Agung, Iskandar. 2010. Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran Bagi Guru. Jakarta: Bestari
Bhuana Murni
Aswar, Saifuddin.1992. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Cekdin, cekmas dan Taufik Barlian.2013. Rangkaian Listrik. Yogyakarta: Penerbit Andi
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta : Penerbit Andi
Erick Julian Molle. 2013. Apa itu Kurikulum 2013. Tersedia pada http://www.gubuginformasi. com/2014/04/apa-itu-kurikulum-2013.html. (di akses pada hari Kamis, 11 Desember 2014. Jam 11.15 WITA)
Hamzah dan B. Uno. 2007. Model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Hamiyah, Nur dan Muhamad Jauhar. 2014. Strategi Belajar Mengajar Di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Karya
Hindiarno dan Noer Boedi Harnowo. 2007. Listrik Di Rumahku. Jakarta : Pakar Raya Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi
Presindo Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas.Jakarta:
PT. Indeks
Kokasih, E. 2014. Strategi Belajar Dan Pembelajaran. Bandung: Yrama Widya
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014. Perancangan Pembelajaran Prosedur Pembuatan RPP. Jakarta : Kata Pena
Kurniasih, Imas dan Berlin Sani. 2014.. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena
Riduwan. 2007. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung : Alfabeta
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru.Edisi 2. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Sarimun, Wahyudi N. 2011. Buku Saku Pelayanan Teknik. Depok : Garamond
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung : Penerbit ALFABETA
Supartini,Weni. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar No. 5 Sukasada Tahun Pelajaran 2009/2010. (tidak diterbitkan)
Thobroni, Muhammad dan Arif Mustofa. 2011. Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta : AR-RUZZ MEDIA
Wena, Made. 2008. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta : Bumi Aksara
Yuniar, Tanti. (Tidak Ada Tahun Terbit). Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Penerbit : Agung Media Mulia
----------2013. Pedoman Penulisan Skripsi dan Tugas Akhir Program Sarjana dan Diploma 3
Universitas Pendidikan Ganesha. Singaraja : Undiksha