Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri terhadap Kemampuan Menulis Karangan Sederhana di Kelas III SDN 17 Palembang
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.16570Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis karangan sederhana di kelas III SDN 17 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu posttest only control design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dianalisis secara deskriptif dan kuantitatif menggunakan uji-T dengan bantuan SPSS-25. Hasil penelitian diperoleh dengan nilai sign 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 4,175 berdasarkan tabel nilai ttabel dengan df = 47 yang berarti N-2 (47-2 = 45) dan taraf kepercayaan 95% (taraf signifikan 0,05) adalah 1,675 dari nilai tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau 4,175 > 1,675 maka diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari media gambar berseri terhadap kemampuan menulis karangan sederhana di kelas III. Kelas eksperimen yang diberikan perlakuan menggunakan media gambar berseri memperoleh nilai rata-rata sebesar 85.33 lebih tinggi dari kelas kontrol yaitu 72.28.Downloads
Published
2023-09-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 Nur Hofifah Indah Sari, Bukman Lian, Hetilaniar Hetilaniar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).