PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI SDK WAIDAHI KECAMATAN DORENG KABUPATEN SIKKA

Authors

  • Angelus Angelus SDK Waidahi, Sikka, Nusa Tenggara Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i2.1657

Keywords:

supervisi akademik, kinerja guru

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja guru yang dianggap masih kurang. Untuk itu dilakukan sebuah inovasi dengan menerapkan supervisi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah, yang dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan empat tahapan yaitu: perencaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa penerapan supervisi akademik dapat meningkatkan kinerja guru di SDK Waidahi Kecamatan Doreng Kabupaten Sikka. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian: Pada indikator perencaan pada siklus I memperoleh skor 60,00 meningkat pada siklus II dengan skor 75,00%. Pada indikator pelaksanaan pembelajaran memperoleh skor 55,00% meningkat pada siklus II dengan skor 70,00%. Dan pada indikator penilaian pembelajaran memperoleh skor 55,00% meningkat dengan skor 70,00%. Selain itu rata-rata kinerja guru juga meningkat pada siklus I rata-rata kinerja guru adalah 56,66 dengan kategori cukup, pada siklus II meningkat hingga 71,67 dengan kategori Baik.

References

Amatembun, N.A. 2000. Supervisi Pendidikan Penuntun Para Pemilik Pengawas dan Guru-guru. Bandung. Suri

Dini, Ahmad. 2019. Supervisi Kepala Madrasah.Jakarta : Kreasi Cindekia Pustaka

Fattah, Nanang. 2006. Landasan Manajemen pendidikan. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya

Huda, Muhammad Nailul. 2018. Kompetensi Pedagogik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Online Mahasiswa FKIP Univeritas Riau. (Online). https://jom.unri.ac.id/index.php/JO MFKIP/issue/view/445. (Diakses pada tanggal 10 Januari)

Jaya, Surya. 2020. Supervisi Akademik Berbasis Kolaborasi. Lombok Barat: Penerbit Rehal

Isyandi. 2004. Manajenten Sumber Daya Manusia dalam Perspektif Global. Pekanbaru. UNRI Press

Mangkunegara, Anwar Prabu. 2007. Manajemen Sunrber Daya Manusia Perusahaan. Bandung. Resdakarya

Mansur, S dan Loli. M.P.P. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII dengan Model Guide Note Taking di SMP San Karlos Habi. Uin Raden Intan Lampung. BIOSFER: Jurnal Tadris Biologi. 10 (1): 21-28. DOI: https://doi.org/10.24042/biosfer.v10i1.3990

S, M. (2018). Pengaruh Pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup di SMPK Binawirawan Maumere. BIOEDUSCIENCE, 2(1), 74-80. https://doi.org/10.29405/j.bes/2174-801314

Mulyasa. 2011. Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta. Bumi Aksara.

Rivai, Veithzal. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia untuk Perusahaan. Jakarta. Grasindo Persada

Pidarta, Made. 1992. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan. Jakarta: Bina Aksara.

Purwanto, Ngalim. 2005. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Bandung: Remaja Rodakarya.

Sahartian, Piet A. dan Frans Mataheru. 1982. Prinsip dan Teknik Supervisi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Sahertian, Piet. 2000. Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam rangka Pengembangan Sumberdaya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Usman, Moch. Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung. Remaja Rosdakarya

Yayat. 2020. Model Grow Me (Model Supervisi Akademik Peningkatan Kemampuan Guru dalam Mengembangkan RPP Tematik Terpadu) Semarang: CV Pilar Nusantara

Downloads

Published

2021-04-27