PEMANFAATAN MUSIK KLASIK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KALIMAT EFEKTIF PADA SISWA SMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v2i2.1613Abstract
Abstrak Pembelajaran menulis termasuk pembelajaran yang mampu mengemukakan ide-ide dalam pikiran yang memerlukan kemampuan rumit yang ada dalam otak. Para siswa masih menemui kendala dalam mengemukakan pikiran mereka kedalam tulisan. Hal ini memerlukan proses yang dilatih dengan baik. Namun menulis masih menjadi kemampuan yang sulit bagi siswa. Hal ini disebabkan proses belajar yang belum optimal dan media yang kurang tepat. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA Attaqwa kelas X IPS kabupaten Bekasi. Siswa yang menjadi responden sebanyak 34 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Hasil penelitian para siswa dapat memperbaiki kemampuan menulis kalimat efektif dan proses belajar lebih dinamis dan efektif. Saran dalam penelitian ini adalah agar para guru memberikan pembelajaran yang dinamis dan tidak monoton. Variasi pembelajaran diperlukan agar pembelajaran berjalan dengan riang dan gembira. Kata Kunci : Musik klasik,Menulis, kalimat efektif Akbstrac Learning to write includes learning that is able to express ideas in the mind that require complex abilities in the brain. The students still had problems expressing their thoughts in writing. This requires a well-practiced process. However, writing is still a difficult skill for students. This is due to the learning process that has not been optimal and the media is not quite right. This research was conducted on Attaqwa high school students class X IPS Bekasi district. Students who became respondents were 34 students. The research method used is the experimental method. The results of the students' research can improve the ability to write effective sentences and the learning process is more dynamic and effective. The suggestion in this research is that teachers provide dynamic learning and not monotonous. Variations in learning are needed so that learning runs cheerfully and happily. Keywords: classical music, writing, effective sentencesReferences
Amrizal, A. Peranan Musik Klasik Dan Musik Pop Dalam Pembelajaran. Jurnal
Pengabdian Kepada Masyarakat, 20(76).
Apriani, H., Rahman, F., & Hidayat, R. (2020). Pengaruh Penguasaan Kalimat
Efektif Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa. Imajeri: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(2), 119-128.
Angraeni, S. D., Ratna, E., & Afnita, A. (2013). Kontribusi Pengetahuan Kalimat
Efektif terhadap Kemampuan Menulis Surat Resmi Siswa Kelas VIII SMPN 1 Pariangan. Pendidikan Bahasa Indonesia, 1(2), 311-317.
Ansoriyah, S. (2017). Pengaruh pemberian musik klasik terhadap kemampuan
menulis berita siswa SMAN
Jakarta. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(1), 104-117.
Hakim, Nursal. 2010. Kemampuan Berbahasa Indonesia Dasar. Cendikia Insani:
Pekanbaru
Ramadhanti, D. (2015). Penggunaan kalimat efektif dalam karya ilmiah siswa:
aplikasi semantik studi kasus siswa kelas XI SMK Negeri 2 Lembah Gumanti. Jurnal Gramatika, 1(2), 80150.
Mulyadi, M., Vernia, D. M., Widiarto, T., & Hasanusi, F. (2020). Writing Learning
Using Picture to Picture Method for Junior High School Students Procedure Text
Material. International Journal of Education, Information Technology, and Others, 3(3), 589-594.
Supriadin, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Menulis Kalimat Efektif Dalam
Paragraf Argumentasi Melalui Kegiatan Peer Correction Pada Siswa Kelas
Viii Smpn 1 Ambalawi Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 2(1), 33-38.
Widiyarto, S., Wulansari, L., & Hasanusi, F. S. (2020). Pelatihan “english communicativeâ€
guna mempersiapkan sdm berkualitas dan “competitiveâ€. Intervensi Komunitas, 1(2), 125-131.