Media Pembelajaran Aplikasi Android untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Materi Sistem Tata Surya
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.16005Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android pada smartphone sebagai media pembelajaran IPA kelas VI Sekolah Dasar (SD) dan untuk mengetahui kelayakan pengembangan aplikasi berbasis android pada smartphone sebagai media pembelajaran pada topik sistem tata surya kelas VI Sekolah Dasar (SD). Metode yang digunakan dalam penelitian inji adalah Research and Development (R&D) dengan desain pengembangan Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sukmadinata. Model pengembangan yang digunakan yaitu ASSURE. Berdasarkan uji validasi oleh ahli materi memperoleh angka presentase 91% dengan kategori “sangat tinggi”. Hasil uji ahli media memperoleh angka presentase 86% dengan kategori “sangat tinggi”. Hasil uji ahli bahasa memperoleh skor 90% dengan kategori “sangat tinggi”. Berdasarkan uji terbatas yang dilakukan memperoleh angka persentase 86% dengan kategori “sangat tinggi”. Hasil uji ahli dan uji coba terbatas yang telah diperoleh menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis aplikasi android yang dibuat sudah layak digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan minat belajar siswa.Downloads
Published
2023-09-22
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Wiga Pratama Benedeto, Eunice Widyanti Setyaningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).