Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Microsoft Teams Topik Pencemaran Lingkungan dalam Melatih Literasi Sains Digital

Authors

  • Noor Rafi'a Rahmie Universitas Lambung Mangkurat
  • Rizky Febriyani Putri Universitas Lambung Mangkurat
  • Yasmine Khairunnisa Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.15751

Abstract

Penggunaan media digital menjadi salah satu solusi karena memberikan suasana baru dan dapat melibatkan peserta didik aktif dalam proses pembelajaran, kapan saja dan dimana saja. Subjek penelitian ini berupa bahan ajar berbasis microsoft teams topik pencemaran lingkungan dalam melatih literasi sains digital peserta didik. Metode yang dipakai dalam riset dan pengembangan ini, ialah R&D atau Research and Development dan model pengembangan ADDIE. Pendekatan penghimpunan data dalam riset ini berbentuk lembar angket dan tes pretest posttest. Luaran riset menginterpretasikan jika bahan ajar pada berbasis microsoft teams  topik pencemaran lingkungan dalam melatih literasi sains digital peserta didik kelas VII memiliki validitas bahan ajar sebesar 87,84% dan validitas tes pretest posttes sebesar 95%, kepraktisan dengan hasil respon angket sebesar 90,88% dan keefektifan  sebesar 86,33. Berdasarkan penelitian tersebut maka bisa ditarik simpulan jika bahan ajar berbasis microsoft teams topik pencemaran lingkungan dalam melatih literasi sains digital peserta didik dapat dinyatakan pantas diimplementasikan pada pembelajaran.

Downloads

Published

2023-09-04