Pengembangan Media Video Pembelajatan Menggunakan Powtoon pada Materi Perubahan Lingkungan

Authors

  • Mutiaraziom Susanti Universitas Negeri Padang
  • Abdul Razak Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.15495

Abstract

Proses pembelajaran Biologi di SMAN 1 Enam Lingkung masih didominasi oleh guru yang kurang dalam memanfaatkan bahan ajar serta kurangnya kemandirian peserta didik dalam belajar. Hal ini disebabkan tidak tersedianya media belajar yang mampu meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian bertujuan untuk menghasilkan media video pembelajaran menggunakan powtoon pada materi perubahan lingkungan SMA yang valid. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan IDI (Instrucsional Development Institute). Pengembangan model IDI menerapkan prinsip-prinsip pendekatan sistem, yaitu pendefinisian (define), pengembangan (develop) dan penilaian (evaluate). Hasil validasi media video pembelajaran ini memiliki rata-rata sebesar 87,7% oleh dosen Biologi FMIPA UNP dan guru SMAN 1 Enam Lingkung yang dikategorikan sebagai kategori valid. Hasil praktikalitas media video pembelajaran rata-rata (88,4%) oleh guru dan (93,7%) oleh peserta didik. Dari hasil tersebut dikatakan bahwa media video pembelajaran menggunakan powtoon tentang materi Perubahan Lingkungkan SMA memenuhi kategori valid.

Downloads

Published

2023-09-30