Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Arab dalam Keterampilan Berbicara Sehari-hari di Pondok Pesantren Modern Al-Barokah Simalungun
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.15472Abstract
Latar belakang penelitian ini didasari pada banyaknya kesalahan yang dilakukan siswa pesantren modern albarokah simalungun dalam percakapan bahasa Arab sehari-hari tanpa menggunakan aturan gramatikal. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana besarnya kesalahan siswa pesantren modern albarokah simalungun berbicara bahasa Arab dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan tata bahasa, internal dan eksternal. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumen. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menginduksi kesalahan pada saat dzikir, percakapan antar teman sejawat, pidato dan mengidentifikasi faktor yang benar dalam penggunaan tata bahasa arab dan menganalisis kesalahan linguistik gramatikal pada tuturan siswa pesantren modern albarokah simalungun, antara lain penguasaan tata bahasa, penggunaan kata yang kurang tepat, ketepatan dalam tuturan, kurangnya motivasi berbicara dan kurangnya kosa kata siswa.Downloads
Published
2023-06-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Firdaus Fauzi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).