Analisis Kesalahan Penggunaan Bahasa Arab dalam Keterampilan Berbicara Sehari-hari di Pondok Pesantren Modern Al-Barokah Simalungun

Authors

  • Firdaus Fauzi Sekolah Tinggi Agama Islam UISU Pematang Siantar

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.15472

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasari pada banyaknya kesalahan yang dilakukan siswa pesantren modern albarokah simalungun dalam percakapan bahasa Arab sehari-hari tanpa menggunakan aturan gramatikal. Adapun Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana besarnya kesalahan siswa pesantren modern albarokah simalungun berbicara bahasa Arab dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan tata bahasa, internal dan eksternal. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumen. Dalam penelitian ini teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menginduksi kesalahan pada saat dzikir, percakapan antar teman sejawat, pidato dan mengidentifikasi faktor yang benar dalam penggunaan tata bahasa arab dan menganalisis kesalahan linguistik gramatikal pada tuturan siswa pesantren modern albarokah simalungun, antara lain penguasaan tata bahasa, penggunaan kata yang kurang tepat, ketepatan dalam tuturan, kurangnya motivasi berbicara dan kurangnya kosa kata siswa.

Downloads

Published

2023-06-30