Urgensi Keterampilan Techniques Listening melalui Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.15440Abstract
Belajar merupakan usaha untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan dunia global. Akan tetapi dalam proses belajar sering kali terjadi masalah dan hambatan. Untuk mengatasi hambatan dalam masalah belajar maka dapat dilakukan dengan melakukan konseling kelompok. Melalui konseling kelompok diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar. Adapun tujuan untuk melihat betapa urgensinya techniques listening melalui konseling kelompok untuk meningkatkan hasil belajar. Dalam hal ini, penliti mengunakan metode study literature. Teknik pengumpulan data yaitu dengan mengumpulkan beberapa sumber terkait keterampilan techniques listening dan layanan konseling kelompok. Adapun hasil dalam penelitian ini yaitu konselor harus memiliki ketrampilan mendenger efektif dengan memberikan empati yang tepat pada anggota kelompok. Terjadinya hambatan dalam techniques listening disebabkan lingkungan konseling yang sedang berlangsung, seperti memotong pembicaraan salah satu anggota kelompok. Techniques listening dapat diatasi dengan melatih mendengar dari awal sesi hingga akhir sesi konseling. oleh karena itu, pengimplikasian layanan konseling kelompok dengan adanya Techniques Listening efektif dan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa.Downloads
Published
2023-06-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Sari Harahap, Dina Sukma
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).