Pengaruh Media Pembelajaran Scrabble terhadap Keterampilan Membaca SD Kelas I
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.15433Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media pembelajaran scrabble terhadap keterampilan membaca siswa kelas I di SD Negeri 4 Awal Terusan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas I.b terdiri dari 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas I.a terdiri dari 20 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampel purposive. Teknik pengumpulan data mengunakan tes untuk mengetahui keterampilan membaca siswa dan dokumentasi untuk menganalisis dokumen secara tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Uji Independen T-tes. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil akhir nilai kelas eksperimen yaitu nilai rata-rata 83,65, sedangkan kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata 52,22. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan: Terdapat pengaruh media pembelajaran Scrabble terhadap keterampilan membaca siswa kelas I di SD Negeri 4 Awal Terusan.Downloads
Published
2024-03-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2024 M Wiranto, Nora Surmilasari, Dian Nuzulia Armariena
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).