Pengaruh Media Pembelajaran Scrabble terhadap Keterampilan Membaca SD Kelas I

Authors

  • M Wiranto Universitas PGRI Palembang
  • Nora Surmilasari
  • Dian Nuzulia Armariena Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i3.15433

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh media pembelajaran scrabble terhadap keterampilan membaca siswa kelas I di SD Negeri 4 Awal Terusan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Sampel penelitian yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas I.b terdiri dari 18 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas I.a terdiri dari 20 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah sampel purposive. Teknik pengumpulan data mengunakan tes untuk mengetahui keterampilan membaca siswa dan dokumentasi untuk menganalisis dokumen secara tertulis. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Uji Independen T-tes. Hasil penelitian yang dilakukan diperoleh bahwa hasil akhir nilai kelas eksperimen yaitu nilai rata-rata 83,65, sedangkan kelas kontrol  memperoleh nilai rata-rata 52,22. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini, dapat disimpulkan: Terdapat pengaruh media pembelajaran Scrabble terhadap keterampilan membaca siswa kelas I di SD Negeri 4 Awal Terusan.

Author Biography

Nora Surmilasari

Universitas PGRI Palembang

Downloads

Published

2024-03-30