IMPLEMENTASI KELAS VIRTUAL DENGAN GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA DI SMA NEGERI 1 MAUMERE
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v2i2.1541Keywords:
GoogleClassroom, Kelas VirtualAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi implementasi kelas virtual dengan Google Classroom dalam meningkatkan hasil belajar kimia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri atas 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 1 MAUMERE.Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi aktivitas pembelajaran dan hasil tes siswa pada mata pelajaran kimia. Setelah semua data terkumpul, analisis data dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh aktivitas siswa dalam impelemntasi kelas virtual dengan Google Classroom mengalami peningkatan dari siklus I dan siklus II dengan persentase 92,31% menjadi 94,23%. Sedangkan hasil belajar siswa mengalami peningkatan secara klasikal dari70,94% pada siklus I menjadi 88,88% pada siklus II. Dari hasil penelitian dan analisis data dapat disimpulkan bahwa implementasi menggunakan kelas virtual dengan Google Classroom dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar kimia di SMAN 1 Maumere.References
Ashoumi,H,&Shobirin,M.S.(2019,April).PeningkatanAktifitas BelajarMahasiswadenganMediaPembelajaranKelasVirtual
GoogleClassroom.Prosiding Seminar Nasional Teknologi dan Sains(SNasTekS).149–159.
Dewi, W.A.F.(2020). DampakCovid-19TerhadapImplementasiPembelajaranDaringdiSekolahDasar.Edukatif: JurnalIlmuPendidikan.2(1).55-61.
Hammi,Zedha.(2017).ImplementasiGoogleClassroom Pada KelasXI IPA MAN 2Kudus.(Skripsi)ProgramStudiTeknologiPendidikanUniversitas Negeri Semarang, Semarang.
Haqien,D.,&Rahman,A.A.(2020).PemanfaatanZoom Meeting UntukProses PembelajaranPada Masa PandemiCovid-19. JurnalSAP.5 (1).51-56.
Hikmatiar,H.,Sulisworo,D.,&Wahyuni,M. E.(2020).PemanfaatanLearningManagement SystemBerbasisGoogleClassroom dalamPembelajaran.JurnalPendidikanFisika.8(1).78-86.
Maskar,S. &Wulantina,E.(2019).PersepsiPesertaDidikTerhadapMetodeBlendedLearningdenganGoogle Classroom.JurnalInovasiMatematika.1(2).110-121.
MendikbudTerbitkanSE tentangPelaksanaanPendidikan dalam Masa DaruratCovid-19. 2020. (https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/mendikbud-terbitkan-se-tentang-pelaksanaan-pendidikan-dalam- masa-darurat-covid19,diakses15 Juli2020)
Purwanto, Ngalim. (2006). Prinsip-Prinsipdan Teknik Evaluasi Pengajaran.Bandung:RemajaRosdakarya.
Redhana,I.W.(2019).MengembangkanKeterampilanAbadKe-21 DalamPembelajaranKimia.JurnalInovasiPendidikanKimia. 13(1),2239-2253.
Sugiyono.(2008).MetodologiPenelitianKuantitatifdanKualitatif. Bandung:Alfabeta.
Suhada, I., Kurniati, T., Pranadi, R. A., &Listiawati, M. (2020). PembelajaranDaringBerbasisGoogle ClassroomMahasiswaPendidikanBiologiPada MasaWabahCovid-19. Digital LibraryUINSunanGunungDjati.1-10.
Suhardjono. (2009).PenelitianTindakanKelas.Jakarta:BumiAksara. Suharsimi.A.(2009).PenelitianTindakanKelas.Jakarta:BumiAksaraTrianto.(2014).Model PembelajaranTerpadu.Jakarta:BumiAksara.