Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP Materi Sistem Sirkulasi

Authors

  • Shiliya Lana Nadhifah Universitas PGRI Semarang
  • Rivanna Citraning Rahmawati Universitas PGRI Semarang
  • Ipah Budi Minarti Universitas PGRI Semarang
  • Budiastuti Budiastuti Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.15380

Abstract

Materi sistem sirkulasi merupakan materi IPA yang dianggap cukup sulit bagi peserta didik karena harus mengaitkan antara komponen, fungsi, serta mekanisme sirkulasi. Peserta didik belajar materi ini dengan cara menghafal sehingga tidak terjadi pemahaman bermakna. Model pembelajaran PBL dapat membantu peserta didik dalam mengkonstruk sendiri pemahaman dengan memecahkan permasalahan secara konstekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis masalah (PBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa SMP materi sistem sirkulasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2022 di SMP N 6 Semarang. Metode penelitian ini adalah penelitian pre-experimental dengan desain penelitian one-shot case study. Hasil analisis data menunjukkan rerata hasil belajar kognitif sebesar 82 dan Nilai sig. (2-tailed)=0,000<0,05=?. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan PBL efektif terhadap hasil belajar kognitif siswa SMP pada materi sistem sirkulasi.

Downloads

Published

2023-09-04