Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP Materi Sistem Sirkulasi
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.15380Abstract
Materi sistem sirkulasi merupakan materi IPA yang dianggap cukup sulit bagi peserta didik karena harus mengaitkan antara komponen, fungsi, serta mekanisme sirkulasi. Peserta didik belajar materi ini dengan cara menghafal sehingga tidak terjadi pemahaman bermakna. Model pembelajaran PBL dapat membantu peserta didik dalam mengkonstruk sendiri pemahaman dengan memecahkan permasalahan secara konstekstual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran berbasis masalah (PBL) terhadap hasil belajar kognitif siswa SMP materi sistem sirkulasi. Penelitian dilaksanakan pada bulan November 2022 di SMP N 6 Semarang. Metode penelitian ini adalah penelitian pre-experimental dengan desain penelitian one-shot case study. Hasil analisis data menunjukkan rerata hasil belajar kognitif sebesar 82 dan Nilai sig. (2-tailed)=0,000<0,05=?. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan PBL efektif terhadap hasil belajar kognitif siswa SMP pada materi sistem sirkulasi.Downloads
Published
2023-09-04
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Shiliya Lana Nadhifah, Rivanna Citraning Rahmawati, Ipah Budi Minarti, Budiastuti Budiastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).