Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.15106Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran komik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS kelas 4. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah pengembangan atau R&D (research and development). Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN 3 Sukodono yang berjumlah 23 orang. Instrumen yang digunakan lembar validasi ahli materi, ahli media, ahli desain dan ahli bahasa. Berdasarkan hasil ahli materi skor kevalidan 82% dengan kriteria sangat baik, ahli media 88% dengan kriteria sangat baik, ahli desain 76% dengan kriteria baik dan ahli bahasa 74% dengan kriteria baik. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dan uji-T. Hasil uji-T menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) .000 < 0,05 Ho ditolak dan ada perbedaan peningkatan terhadap hasil belajar. Hasil dari pengolahan data terhadapa hasil angket pada penelitian mendapatkan presentase 96% kategeori sangat tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh, bahwa media pembelajaran komik digital yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas 4.Downloads
Published
2023-06-10
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Yeremia Abdi Mulia, Firosalia Kristin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).