Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4 SD

Authors

  • Yeremia Abdi Mulia Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga
  • Firosalia Kristin Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.15106

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran komik untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS kelas 4. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah pengembangan atau R&D (research and development). Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SDN 3 Sukodono yang berjumlah 23 orang. Instrumen yang digunakan lembar validasi ahli materi, ahli media, ahli desain dan ahli bahasa. Berdasarkan hasil ahli materi skor kevalidan 82% dengan kriteria sangat baik, ahli media 88% dengan kriteria sangat baik, ahli desain 76% dengan kriteria baik dan ahli bahasa 74% dengan kriteria baik. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif dan uji-T. Hasil uji-T menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) .000 < 0,05 Ho ditolak dan ada perbedaan peningkatan terhadap hasil belajar. Hasil dari pengolahan data terhadapa hasil angket pada penelitian mendapatkan presentase 96% kategeori sangat tinggi. Berdasarkan hasil yang diperoleh, bahwa media pembelajaran komik digital yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa kelas 4.

Downloads

Published

2023-06-10