Analisis Nilai-nilai Teks Hikayat Indera Bangsawan dan Pembelajarannya Kelas X
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v5i1.15004Abstract
Salah satu hasil kebudayaan, karya sastra terutama hikayat memiliki manfaat bagi kehidupan yang dapat memberikan nilai bagi pembacanya. Oleh karena itu, karya sastra ini dapat dijadikan sarana penerapan pengetahuan dan pembentukan karakter yang baik. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya nilai pendidikan dan pembelajaran yang terdapat dalam teks cerita rakyat berupa hikayat pada buku teks Bahasa Indonesia dan diharapkan dapat dicontoh. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode analisis isi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik baca, teknik catat, teknik analisis data, dan teknik dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan teks cerita rakyat berupa hikayat memiliki nilai pendidikan dan pembelajaran yaitu nilai agama (religius), nilai sosial, nilai budaya, nilai moral, dan nilai pendidikan (edukasi) yang membentuk pesan baik dan positif pada peserta didik.Downloads
Published
2023-09-30
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Meida Kusumasari, Ahmad Ripai, Sutji Harijanti, Satria Fitra Widya Utama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).