Penggunaan Media Edpuzzle untuk Meningkatkan Aspek Kognitif Siswa SMA

Authors

  • Diana Iffatul Afifah Universitas PGRI Semarang
  • Maria Ulfah Universitas PGRI Semarang
  • Evi Nurhayati Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14790

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi dan komunikasi mendorong inovasi baru dalam dunia pendidikan untuk menciptkan pembelajaran yang menarik dengan memanfaatkan media interaktif. Salah satu media interaktif yang dapat dimanfaatkan sebagai media ajar adalah edpuzzle yang diintergrasikan pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini dilakukan tentang penggunaan media edukatif edpuzzle untuk meningkatkan aspek kognitif kelas XI pada materi sistem pencernaan Manusia. Penelitian dilakukan saat PPL 1 di SMA N 6 Semarang pada kelas XI MIPA 3 dengan jumlah 36 siswa. Hasil kognitif siswa diperolah dari rerata nilai ulangan  harian sistem pencernaan manusia. Hasil ulangan harian system pencernaan dibandingkan dengan ulangan harian materi sebelumnya yaitu system sirkulasi dan didapatkan hasil adanya selisih rerata dengan tingkat prosentase kenaikan sebesar 4,, yang artinya terdapat pengaruh signifikan media edpuzzle dalam peningkatan aspek kognitif peserta didik di kelas XI MIPA 3 menggunakan media edpuzzle pada materi sistem pencernaan manusia.

Downloads

Published

2023-06-15