Penggunaan Media Edpuzzle untuk Meningkatkan Aspek Kognitif Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14790Abstract
Pesatnya perkembangan teknologi dan komunikasi mendorong inovasi baru dalam dunia pendidikan untuk menciptkan pembelajaran yang menarik dengan memanfaatkan media interaktif. Salah satu media interaktif yang dapat dimanfaatkan sebagai media ajar adalah edpuzzle yang diintergrasikan pada materi sistem pencernaan manusia. Penelitian ini dilakukan tentang penggunaan media edukatif edpuzzle untuk meningkatkan aspek kognitif kelas XI pada materi sistem pencernaan Manusia. Penelitian dilakukan saat PPL 1 di SMA N 6 Semarang pada kelas XI MIPA 3 dengan jumlah 36 siswa. Hasil kognitif siswa diperolah dari rerata nilai ulangan harian sistem pencernaan manusia. Hasil ulangan harian system pencernaan dibandingkan dengan ulangan harian materi sebelumnya yaitu system sirkulasi dan didapatkan hasil adanya selisih rerata dengan tingkat prosentase kenaikan sebesar 4,, yang artinya terdapat pengaruh signifikan media edpuzzle dalam peningkatan aspek kognitif peserta didik di kelas XI MIPA 3 menggunakan media edpuzzle pada materi sistem pencernaan manusia.Downloads
Published
2023-06-15
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Diana Iffatul Afifah, Maria Ulfah, Evi Nurhayati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).