Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kahoot pada Studi Kerja Dasar Kelas X Teknik Otomotif SMKS Hasanah Pekanbaru
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14699Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran yang dikemas secara interaktif pada mata pelajaran Teknik Otomotif Dasar. Metode penelitian ini adalah R&D dengan desain One Group Pretest-Posttest design. Prosedur penelitian dilakukan dalam tahap pendefinisian, desain dan pengembangan. Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMK Hasanah Pekanbaru yang berjumlah 71 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh langsung dari responden. Instrumen penelitian berupa angket validitas, kepraktisan dan keefektifan. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis uji t. Hasil yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) validitas media pembelajaran interaktif dinyatakan sangat valid dari syarat didaktis, konstruksi dan teknis dengan skor rata-rata 92,15%. (2) Kepraktisan media pembelajaran interaktif dinyatakan sangat praktis berdasarkan respon guru dengan skor rata-rata 95%, berdasarkan tanggapan siswa juga dinyatakan sangat praktis dengan skor rata-rata 90,13%. (3) Keefektifan media pembelajaran interaktif dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media tersebut. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan signifikan penggunaan media pembelajaran interaktif yang diperoleh dari hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa berubah dengan nilai ketuntasan KKM siswa dengan nilai 85,31 yang berarti siswa tuntas dalam belajar.Downloads
Published
2023-06-21
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Meiyaldi Eka Putra, Supriadi Supriadi, Islami Fatwa
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).