Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kahoot pada Studi Kerja Dasar Kelas X Teknik Otomotif SMKS Hasanah Pekanbaru

Authors

  • Meiyaldi Eka Putra Universitas Lancang Kuning
  • Supriadi Supriadi Universitas Lancang Kuning
  • Islami Fatwa Universitas Lancang Kuning

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14699

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran yang dikemas secara interaktif pada mata pelajaran Teknik Otomotif Dasar. Metode penelitian ini adalah R&D dengan desain One Group Pretest-Posttest design. Prosedur penelitian dilakukan dalam tahap pendefinisian, desain dan pengembangan. Subyek penelitian adalah siswa kelas X SMK Hasanah Pekanbaru yang berjumlah 71 orang. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh langsung dari responden. Instrumen penelitian berupa angket validitas, kepraktisan dan keefektifan. Data penelitian yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis uji t. Hasil yang diperoleh dari penelitian dan pengembangan ini adalah: (1) validitas media pembelajaran interaktif dinyatakan sangat valid dari syarat didaktis, konstruksi dan teknis dengan skor rata-rata 92,15%. (2) Kepraktisan media pembelajaran interaktif dinyatakan sangat praktis berdasarkan respon guru dengan skor rata-rata 95%, berdasarkan tanggapan siswa juga dinyatakan sangat praktis dengan skor rata-rata 90,13%. (3) Keefektifan media pembelajaran interaktif dapat dilihat dari hasil belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan media tersebut. Hal ini dibuktikan dengan adanya perbedaan signifikan penggunaan media pembelajaran interaktif yang diperoleh dari hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa berubah dengan nilai ketuntasan KKM siswa dengan nilai 85,31 yang berarti siswa tuntas dalam belajar.

Downloads

Published

2023-06-21