Metode Pendidikan Tauhid di Pesantren

Authors

  • Tuharso Tuharso Institut Agama Islam Bakti Negara (IBN) Tegal

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14664

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis metode pendidikan tauhid Syaikh Ahmad Rifa’i. untuk menganalisis metode pendidikan tauhid di pesantren Insap dan untuk merumuskan metode pendidikan tauhid di pesantren. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan orientasi utama mendapatkan informasi tentang Metode pendidikan tauhid Syaikh Ahmad Rifa’i. Sumber data diperoleh dari kitab-kitab karangan Syaikh Ahmad Rifa’i. Teknik analisis data bersifat deskriptif dengan tiga langkah kegiatan, yaitu: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode pendidikan Syaikh Ahmad Rifa’i adalah penerapkan metode pendidikan tauhid melalui empat tahap. Tahapan pertama disebut Mubtadi (permulaan), tahapan kedua disebut Mutawasith (pertengahan), tahapan ketiga disebut Muntaha (penghabisan) dan  tahapan keempat yang disebut Amaliyah (pengamalan) dengan pembelajaran menggunakan metode nadzom.

Downloads

Published

2023-06-10