Perubahan Hasil Belajar Siswa MTS Al Manar dengan Mengadopsi Realistis Matematic Education pada Materi Kerucut

Authors

  • Rafiki Ikhsan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Nana Yuniar Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Alfira Alfira Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Nikmah Abdillah Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Dwi Novita Sari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14469

Abstract

Matematika erat sekali kaitannya terhadap kehidupan kita sehari-hari, dari hal sederhana maupun hal-hal rumit lainnya. Matematika selaras dengan jalan hidup manusia, matematika keluar dari kehidupan kita sehari-hari dan melayaninya. Pengetahuan bukanlah tujuan itu sendiri, tetapi suatu bentuk penerapan dalam kehidupan. Seperti penerapan matematika realistik pada pembelajaran sekolah demi meningkatkan hasil belajar siswa. Seperti di MTS Al Manar Johor. Penelitian dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kerucut menggunakan metode penelitian berupa penelitian tindakan kelas atau PTK dimulai dari observasi hingga tahap akhir yaitu refleksi kembali. Penelitian ini membuahkan hasil berupa peningkatan hasil atau nilai ulangan siswa pada bulan februari setelah dilaksankannya pembelajaran matematika realistik dari yang hanya 20% menjadi 70% dari jumlah siswa yang mampu mencapai nilai KKM yang dipakai di MTS Al Manar Johor.

Downloads

Published

2023-05-11