Perubahan Hasil Belajar Siswa MTS Al Manar dengan Mengadopsi Realistis Matematic Education pada Materi Kerucut
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14469Abstract
Matematika erat sekali kaitannya terhadap kehidupan kita sehari-hari, dari hal sederhana maupun hal-hal rumit lainnya. Matematika selaras dengan jalan hidup manusia, matematika keluar dari kehidupan kita sehari-hari dan melayaninya. Pengetahuan bukanlah tujuan itu sendiri, tetapi suatu bentuk penerapan dalam kehidupan. Seperti penerapan matematika realistik pada pembelajaran sekolah demi meningkatkan hasil belajar siswa. Seperti di MTS Al Manar Johor. Penelitian dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi kerucut menggunakan metode penelitian berupa penelitian tindakan kelas atau PTK dimulai dari observasi hingga tahap akhir yaitu refleksi kembali. Penelitian ini membuahkan hasil berupa peningkatan hasil atau nilai ulangan siswa pada bulan februari setelah dilaksankannya pembelajaran matematika realistik dari yang hanya 20% menjadi 70% dari jumlah siswa yang mampu mencapai nilai KKM yang dipakai di MTS Al Manar Johor.Downloads
Published
2023-05-11
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Rafiki Ikhsan, Nana Yuniar, Alfira Alfira, Nikmah Abdillah, Dwi Novita Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).