Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Media Kartu Kata
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14144Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata pada siswa kelas 1 SD Negeri 114/I Pulau Betung, Kecamatan Bajubang, Kabupaten Batanghari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas kolaborasi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Desain penelitian menggunakan model Kemmis Mc. Teggart dengan subjek penelitian siswa kelas 1 yang berjumlah 13 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan media kartu kata dapat meningkatkan keterampilan membaca siswa kelas 1 SD Negeri 114/I Pulau Betung. Keterampilan membaca pada pra tindakan awal 60 meningkat menjadi 79.15). Jumlah siswa yang mencapai KKM meningkat sebanyak 53.85% (7 siswa) dari kondisi awal 38.46% (5 siswa) meningkat menjadi 92.31% (12 siswa). Pada tindakan ini keterampilan membaca siswa dengan lafal, intonasi dan membaca memahami meningkat hingga mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan yaitu dengan rata-rata kelas 70 dan ketuntasan kelas 80%.Downloads
Published
2023-04-05
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Darneti Darneti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).