Peningkatan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Kelas melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik di SD Negeri 96/I Ladang Peris
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14143Abstract
Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan di SD Negeri 96/I Ladang Peris. Jenis tindakan dalam penelitian ini adalah berupa tindakan nyata yaitu membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui supervisi Akademik. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru kelas di SD Negeri 96/I Ladang Peris dengan jumlah 12 guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru meningkat setelah dilakukan tindakan yang berupa supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa Berdasarkan hasil supervisi edukatif siklus I dan siklus II kinerja guru meningkat, yakni siklus I Kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran siklus I mencapai 75% sedangkan siklus II 94%. Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran siklus I mencapai 78.03% sedangkan siklus II mencapai 96%. Kinerja guru dalam menilai prestasi belajar siklus I mencapai 85.18% sedangkan siklus II 92.59%. Kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 62% sedangkan siklus II 90%. Dengan demikian tindakan siklus II rata-rata sudah di atas 91.67%.Downloads
Published
2023-05-04
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Sumiati Sumiati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).