Peningkatan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di Kelas melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik di SD Negeri 96/I Ladang Peris

Authors

  • Sumiati Sumiati SD Negeri 96/I Ladang Peris

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.14143

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah ini dilakukan di SD Negeri 96/I Ladang Peris. Jenis tindakan dalam penelitian ini adalah berupa tindakan nyata yaitu membimbing guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran melalui supervisi Akademik. Subjek penelitian tindakan sekolah ini adalah guru kelas di SD Negeri 96/I Ladang Peris dengan jumlah 12 guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja guru meningkat setelah dilakukan tindakan yang berupa supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dari siklus I ke siklus II. Peningkatan tersebut meliputi peningkatan dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa Berdasarkan hasil supervisi edukatif siklus I dan siklus II kinerja guru meningkat, yakni siklus I Kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran siklus I mencapai 75% sedangkan siklus II 94%. Kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran siklus I mencapai 78.03% sedangkan siklus II mencapai 96%. Kinerja guru dalam menilai prestasi belajar siklus I mencapai 85.18% sedangkan siklus II 92.59%. Kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa pada siklus I mencapai 62% sedangkan siklus II 90%. Dengan demikian tindakan siklus II rata-rata sudah di atas 91.67%.

Downloads

Published

2023-05-04