Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V dalam Penerapan Model CLIS (Children Learning in Science) Terintegrasi Etnosains
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.13755Abstract
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa kelas V dalam penerapan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) terintegrasi etnosains. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres Umauta yang berjumlah 32 orang. Data pada penelitian diperoleh melalui observasi, angket dan wawancara kemudian diolah menggunakan tabulasi data untuk data observasi dan scoring untuk data angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa mampu menerapkan aspek-aspek keterampilan proses sains dimana terlihat adanya peningkatan pada rata-rata hasil observasi disetiap pertemuan dan berada pada kategori baik dan didukung dengan hasil analisis angket respon siswa dan hasil wawancara siswa yang menyatakan bahwa siswa senang mengikuti pembelajaran dengan model Pembelajaran CLIS terintegrasi etnosains dimana siswa dilatih untuk melakukan percobaan, mengamati, memprediksi, membuat kesimpulan dan mengomunikasikan hasil percobaan, selain itu siswa bisa mengetahui adanya konsep-konsep atau materi yang terkait dengan budaya atau kegiatan yang dilakukan masyarakat yang sering mereka lihat terutama yang berkaitan dengan perubahan wujud benda.Downloads
Published
2023-05-15
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Maria Helvina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).