Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V dalam Penerapan Model CLIS (Children Learning in Science) Terintegrasi Etnosains

Authors

  • Maria Helvina Universitas Nusa Nipa

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.13755

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis keterampilan proses sains siswa kelas V dalam penerapan model pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) terintegrasi etnosains. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Inpres Umauta yang berjumlah 32 orang. Data pada penelitian diperoleh melalui observasi, angket dan wawancara kemudian diolah menggunakan tabulasi data untuk data observasi dan scoring untuk data angket. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa mampu menerapkan aspek-aspek keterampilan proses sains dimana terlihat adanya peningkatan pada rata-rata hasil observasi disetiap pertemuan dan berada pada kategori baik dan didukung dengan hasil analisis angket respon siswa dan hasil wawancara siswa yang menyatakan bahwa siswa senang mengikuti pembelajaran dengan model Pembelajaran CLIS terintegrasi etnosains dimana siswa dilatih untuk melakukan percobaan, mengamati, memprediksi, membuat kesimpulan dan mengomunikasikan hasil percobaan, selain itu siswa bisa mengetahui adanya konsep-konsep atau materi yang terkait dengan budaya atau kegiatan yang dilakukan masyarakat yang sering mereka lihat terutama yang berkaitan dengan perubahan wujud benda.

Downloads

Published

2023-05-15