Validasi Pengembangan Modul Ajar Pola-pola Hereditas Berbasis Problem Based Learning

Authors

  • Widya Refmianti Universitas Negeri Padang
  • Syamsurizal Syamsurizal Universitas Negeri Padang
  • Fitri Arsih Universitas Negeri Padang
  • Helsa Rahmatika Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.13670

Abstract

Modul ajar yang sekarang dikembangkan menggunakan kurikulum merdeka dan dirancang oleh guru pada satuan pendidikan. Guru pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun modul ajar secara lengkap dan sistematis. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan pada kurikulum merdeka adalah model Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan 3 tahapan dari four-D models, terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop). Kelayakan produk modul ajar diukur berdasarkan validitas. Modul ajar divalidasi oleh 2 orang dosen Biologi FMIPA UNP dan 2 orang guru Biologi SMAN 1 Lubuk Alung. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dihasilkan modul ajar pola-pola hereditas berbasis problem based learning untuk mata pelajaran biologi fase F SMA dan diperoleh nilai rata-rata 83,93% dengan kriteria sangat valid.

Downloads

Published

2023-04-17