Implementasi Manajemen Kelas yang Kreatif dalam Pengembangan Minat Belajar Anak Usia Dini

Authors

  • Elia Elia STIT Syekh Burhanuddin Pariaman

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.13131

Abstract

Pelaksanaan manajemen kelas yang kreatif merupakan hal yang krusial dalam mengembangkan minat belajar anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kelas yang kreatif dalam pengembangan minat belajar anak. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, guru dapat mengatur penataan ruangan dengan baik dan efisien, dan melibatkan seluruh sivitas lembaga, Faktor pendukung yaitu ketersediaan ruangan yang layak, guru dengan mudah memanajemen interior kelas, ketersediaan media membantu guru untuk melaksanakan belajar mengajar dengan baik, keaktifan dan dalam memberi semangat kepada peserta didik dan arahan dari kepala sekolah membantu para guru. Sedangkan faktor penghambat yang ditemukan dalam penelitian ini ialah kuota ketersediaan tenaga pendidik yang sudah sesuai dengan kompetensi guru PAUD belum tercukupi.

Downloads

Published

2023-04-18