Implementasi Manajemen Kelas yang Kreatif dalam Pengembangan Minat Belajar Anak Usia Dini
DOI:
https://doi.org/10.31004/jote.v4i4.13131Abstract
Pelaksanaan manajemen kelas yang kreatif merupakan hal yang krusial dalam mengembangkan minat belajar anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi manajemen kelas yang kreatif dalam pengembangan minat belajar anak. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan, guru dapat mengatur penataan ruangan dengan baik dan efisien, dan melibatkan seluruh sivitas lembaga, Faktor pendukung yaitu ketersediaan ruangan yang layak, guru dengan mudah memanajemen interior kelas, ketersediaan media membantu guru untuk melaksanakan belajar mengajar dengan baik, keaktifan dan dalam memberi semangat kepada peserta didik dan arahan dari kepala sekolah membantu para guru. Sedangkan faktor penghambat yang ditemukan dalam penelitian ini ialah kuota ketersediaan tenaga pendidik yang sudah sesuai dengan kompetensi guru PAUD belum tercukupi.Downloads
Published
2023-04-18
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2023 Elia Elia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms: 1. Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work’s authorship and initial publication in this journal. 2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal’s published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal. 3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).