PENDIDIKAN ANAK USIA DINI PADA KELUARGA MUDA DI DESA SUMBER MAKMUR KECAMATAN TAPUNG

Authors

  • Shella Sakana Zain Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Nurmalina Nurmalina Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Moh Fauziddin Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i1.1244

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pendidikan anak usia dini pada keluarga muda di Desa Sumber Makmur Kecamatan Tapung. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif. Keluarga muda yang memiliki anak usia dini. Data dikumpulkan melalui pengamatan dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada konsep Milles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pola asuh yang ada pada keluarga muda di Desa Sumber Makmur terdiri dari 2 jenis pola asuh, yaitu pola asuh permisif dan otoriter; 2) Fasilitas yang diberikan sudah memberikan fasilitas bagi pendidikan dan pengembangan diri anak usia dini mereka; 3) Pemantauan terhadap perkembangan (fisik-motorik, kognitif, dan afektif) anak melalui hasil-hasil dari pembelajaran anak, baik pembelajaran yang anak peroleh di sekolah ataupun hasil dari pembelajaran yang anak peroleh saat belajar bersama orangtua di rumah.

References

Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada. Media Group

Ahmadi, A. & Supriyono, W. (2013). Psikologi belajar. Jakarta : Rineka Cipta

Ahmad, Abu & Uhbiyatu, Nur.(2001). Ilmu Pendidikan. Rineka Cipta: Jakarta.

Akbar, Husaini Usman & Purnomo Setiadi, Metodologi Penelitian Sosial, Jakarta:Bumi Aksara, 2009.

Chao, R. K. (2001). Extending research on the consequences of parenting style for Chinese Americans and European Americans. Child development, 72(6), 1832-1843.

Desmita. (2011). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dewantara, Ki Hadjar. (2013). Ki Hadjar Dewantara Bagian Pertama: Pendidikan. Rev.ed. Yogyakarta: UST-Press.

Edward, D. (2006). Ketika Anak Sulit Diatur: Panduan Orang Tua Untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak. Bandung: PT. Mizan Utama.

Gunarsa, Singgih D. (2007). Psikolog Praktis Anak, Remaja dan Keluarga. Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia.

Hasnida. (2014). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Jakarta: PT. LUXIMA.

Ihsan, Faud. (2001). Dasar-Dasar Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Kartono, Kartini. 2002. Psikologi Umum. Bandung : Sinar Baru Algies Indonesia

Khairudin. (2008). Sosiologi Keluarga. Yogyakarta: Liberty.

Mahalli, A. Madjab, Menikahlah Engkau Menjadi Kaya (Kado Pernikahan Untuk Pasangan Muda), Yogyakarta: PT Mitra Pustaka 2006.

Miles & Huberman, 2014. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia.

Paul N, Joseph U. O, & Ijeoma O. C. (2013). Education an antidote against early marriage for the girl-child. Journal of Educational and Social Research, 3(5),73-78.

Rahman, Hibasa S.. (2005). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press.

Rani, Fitrianingsi. 2015. Faktor-Faktor Penyebab Pernikahan Usia Muda Perempuan Desa Sumberdanti Kecamatan Sukowono Kabupaten Jember. Skripsi. Jember: Universitas Jember.

Rahmawati, Yeni dan Euis Kurniati. 2011. Strategi Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Group.

Santrock, John W. (2002). Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup Edisi Kelima. Penerjemah: Juda Damanik & Achmad Chusairi. Jakarta: Erlangga.

Shabbir S., Nisar S. R., & Fatima S. (2015). Depression, anxiety, stress, and life satisfaction among early and late marriage females. European Journal of Business and Social Sciences, 4(8),128- 131.

Siti, Yuli. 2008. “Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perkawinan Usia Muda Dikalangan Remaja Di Desa Tembung Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdangâ€. Skripsi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Tafsir, Ahmad. (2005). Kapita Selekta Pendidikan Islam.Jakarta: Bumi Aksara.

Tsania N. (2014). Karakteristik keluarga, kesiapan menikah istri dan perkembangan anak usia 3-5 tahun (Tesis). Institut Pertanian Bogor, Bogor, Indonesia.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Kararter Usia Dini. Yogyakarta : PustakaPelajar.

Wiyani, N.A. 2014. Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PT Gava Media.

Yusuf, A. M. (2014). Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2020-12-01