Peluang dan Tantangan Guru MI/SD Menghadapi Era Society 5.0

Authors

  • Rena Fadilah Malik STIT Fatahillah Bogor
  • Anggi Riafadilah STIT Fatahillah Bogor
  • Rahmi Rahmi STIT Fatahillah Bogor
  • Arista Puri STIT Fatahillah Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v2i2.12389

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peluang dan tantangan guru MI/SD menghadapi era society 5.0. Jenis penelitian ini adalah kajian pustaka, data yang dikumpulkan dalam studi ini adalah dua jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Data diperoleh dari riset kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ini adalah studi kepustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik analisa kualitatif dengan cara deduktif. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa teknologi saat ini semakin berkembang dengan berbagai fitur yang mulai membaik dan canggih. Teknologi ini yang membuat masyrakat harus beradaptasi dengan keadaan. Salah satunya dalam bidang pendidikan yang juga membutuhkan teknologi sebagai media pembelajaran. Pentingnya sosialisasi teknologi kepada pendidik merupakan salah satu pendorong masuknya teknologi ke bidang pendidikan. Hal ini merupakan tantangan bagi pendidik untuk memberikan ilmu melalui media teknologi yang ada. Sehingga pendidik diharuskan mencari peluang supaya dapat menyalurkan ilmu kepada muridnya.

Downloads

Published

2021-03-31