Metode Pendidikan Islam Perspektif Hadits

Authors

  • Satri Handayani STAI Diniyah Pekanbaru

DOI:

https://doi.org/10.31004/jote.v4i3.12316

Abstract

Metode merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam pencapaian tujuan pendidikan Islam dan sebagai sarana yang menjembatani suatu proses pembelajaran, pemilihan metode yang tepat akan mempengaruhi keberhasilan guru dalam mengajar, rasulullah saw adalah sosok figur teladan dan guru yang baik yang telah memperaktekkan metode dalam mengajarkan ajaran tauhid kepada pada karib kerabat dan umat pada masanya, selain itu rasulullah juga menggunakan metode dalam menyampaikan dakwah kepada umat sejak turunnya wahyu pertama dan sejak turunnya perintah untuk berdakwah. Semua perkataan, perbuatan dan ketetapan yang bersumberkan dari Nabi Muhammad Saw sehingga dapat dijadikan dalil untuk menentukan suatu hukum syara disebut dengan hadits, hadits merupakan sumber rujukan umat Islam setelah Al-Qur’an, pada tulisan ini, penulis akan menjelaskan macam-macam metode pendidikan Islam perspektif hadits nabi, adapun metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah penelitian  kepustakaan (library research), yaitu dengan mengumpulkan buku-buku yang berhubungan dengan tulisan ini kemudian mengkaji, mempelajari, dan mencatat literatur yang ada kaitannya dengan fokus kajian. Adapun metode pendidikan Islam dalam pembahasan ini adalah metode Ceramah, , dialog atau Hiwar atau Tanya jawab, Metode demonstrasi, metode Pengulangan dan Pemberian Ganjaran & Hukuman.

Downloads

Published

2023-02-14